BERPETUALANG DALAM BERORGANISASI

Pelatihan Dasar Organisasi atau biasa disingkat PDO merupakan program kaderisasi lanjutan setelah  DIKLATSAR (Pendidikan & Latihan Dasar) yang diusung oleh organisasi sosial bidang kepecintaalaman Universitas Negeri Jakarta, KMPA Eka Citra. PDO merupakan program tahap kedua kaderisasi dibawahi oleh bidang PSDM (Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) dalam organisasi ini dengan target Anggota Muda sebagai peserta. Anggota Muda khususnya angkatan ke-36 saat ini wajib mengikuti serangkaian program kaderisasi sebagai prasyarat untuk mencapai keanggotan penuh.

Setiap rangkaian program kaderisasi di KMPA Eka Citra mengusung tema-tema tertentu. PDO 2017 kali ini mengusung tema besar yaitu “Berpetualang Dalam Berorganisasi”. Organisasi pecinta alam yang identik dengan kegiatan diluar ruangan (outdoor) saat ini juga berfokus bahwa mengelola kegiatan didalam ruangan pun diperlukan. Maka dari itu, dalam PDO 2017 ini dimaksudkan sebagai pintu utama memasuki dunia berorganisasi yang baik dan benar. Dalam pelaksanaan kegiatan PDO 2017 ini dibagi menjadi 2 agenda besar yaitu materi kelas dan outing.

Agenda materi kelas merupakan agenda pemberian materi seputar dasar-dasar atau landasan berorganisasi, mekanisme, dinamika organisasi yang ada di KMPA Eka Citra, sampai pada materi manajemen sebuah kegiatan. Agenda ini dilaksanakan pada 16, 17, dan 19 Februari 2017 yang lalu. Sedangkan rangkaian kegiatan PDO 2016 selanjutnya adalah agenda outing, dimana agenda yang dilaksanakan pada 24 – 26 Februari 2017 ini merupakan pengaplikasian materi-materi kelas yang telah diberikan sebelumnya. Dalam agenda outing, Anggota Muda 36 mengaplikasikan seluruh kegiatan materi kelas dalam bentuk final project yaitu mengelola suatu kegiatan pengabdian masyarakat. Sebuah Sekolah Dasar Negeri (SDN)  Gunung Bunder 4, Bogor, Jawa Barat merupakan target sasaran kegiatan pengabdian masyarakat oleh Anggota Muda 36. Pengabdian masyarakat ini mengusung tema “Langkah Kecil Untuk Bumi” kepada para siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 di SDN Gunung Bunder 4 dalam bentuk edukasi pendidikan lingkungan lewat prototype sederhana filterisasi air.

Program kaderisasi KMPA Eka Citra 2017 tidak berhenti sampai di tahap PDO saja, masih banyak tahapan-tahapan selanjutnya yang harus diikuti oleh Anggota Muda seperti Pendidikan Lanjutan tiap divisi (hiking, climbing, caving, rafting), Pengembaraan Anggota Muda, dan Pengambilan Nomor Anggota Muda, serta menjalani kepanitiaan kegiatan rutin maupun garapan bersama seluruh Anggota Penuh lainnya. Proses kaderisasi yang sangat panjang dalam organisasi ini dipercaya merupakan suatu formula terbaik untuk menjaring kader-kader yang loyal dan bermutu secara kualitas.

Tita Nurmala

3415-0352

Tinggalkan Balasan