Ekspedisi Sumpah Pemuda 2016 KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta

               Ekspedisi Sumpah Pemuda adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh KMPA Eka Citra dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang disepakati dan disahkan oleh Pemuda dari seluruh Indonesia tanggal 28 Oktober 88 – tahun silam. Kegiatan diselenggarakan dengan membawa misi “Semangat Sumpah Pemuda untuk Persatuan dan Kelestarian Alam Indonesia”, sesuai dengan isi dari dekrit sumpah pemuda itu sendiri dan juga kami sebagai seorang pemuda dan pecinta alam Indonesia. Rangkaian kegiatan Ekspedisi Sumpah Pemuda dimulai di bulan April dalam ranah pra kegiatan dan puncaknya adalah dengan Pendakian 3 Gunung di 3 Pulau Terbesar di Indonesia dan Kegiatan Pendidikan serta Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2016.

Pra Kegiatan

Latihan Fisik Pra ESP Eka Citra UNJ

                Pra Kegiatan Ekspedisi Sumpah Pemuda dimulai di Bulan April 2016. Pada Pra Kegiatan ini, semua kegiatan difokuskan pada persiapan menuju pelaksanaan di Bulan Oktober. Salah satu kegiatannya adalah perekrutan calon tim pendaki dan juga adaptasi anatomi dengan latihan fisik intensitas sedang. Kegiatan ini bertujuan menyiapkan para calon tim pendaki untuk masuk ke program training center, yaitu program latihan fisik dengan intensitas tinggi dan rangkaian yang panjang. Program training center sendiiri akan dilaksanakan pada bulan Juli hingga Bulan September 2016. Agenda latihan fisik dan teknik training center akan dilaksanakan di Kampus A UNJ, gym Kampus B UNJ dan Stadion Velodrome. Selain latihan fisik intens, terdapat program try out atau aplikasi lapangan yang akan dilaksanakan dan disesuaikan dengan medan pendakian sebenarnya. Try out akan dilaksanakan 2 kali, yaitu yang pertama dilaksanakan tanggal 26 Agustus sampai dengan 3 September 2016 di 3 gunung di wilayah Jawa Tengah dan yang ke dua akan dilakukan di tebing Citatah 125 Bandung pada tanggal 7 sampai dengan 9 Oktober 2016. Selain agenda persiapan calon tim pendaki, dalam pra kegiatan juga akan dilaksanakan Kampanye “Green Indonesia for The World” serta Aksi Bersihyang akan dilaksanakan di setiap tempat try out dan ekspedisi.

Pelaksanaan Kegiatan

                Pelaksanaan Ekspedisi Sumpah Pemuda akan diselenggarakan dengan misi Mengibarkan Sang Saka Merah Putih di 3 Puncak Gunung di 3 Pulau terbesar Indonesia. Puncak – puncak tersebut adalah Puncak Leuser 3.119 MDPL Sumatera, Puncak Bukit Raya 2.278 MDPL Kalimantan, dan Puncak Trikora 4750 MDPL Papua. Pendakian dilakukan dengan system tim dengan jumlah tiga tim yang akan menyebar ke puncak – puncak tersebut dengan anggota tim 5 orang masing – masing timnya. Masing – masing tim akan berangkat bersamaan dari kampus tercinta pada tanggal 28 Oktober 2016, bertepatan dengan hari peringatan Sumpah Pemuda dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak masing – masing gunung tersebut. Selain pengibaran Sang Saka Merah Putih, tim juga akan membacakan ikrar Sumpah Pemuda. Selain kegiatan pendakian, pada pelaksanaannya Ekspedisi Sumpah Pemuda juga akan menyelenggarakan Bakti Pendidikan dan Pembuatan Green Indonesia Library di masing – masing desa di kaki gunung yang disinggahi. Dengan terbentuknya Green Indonesia Library ini diharapkan tumbuh kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjaga lingkungan alamnya. Perpustakaan ini juga diharapkan akan berkembang dengan sendirinya dengan mensosialisasikan kepada pendaki untuk ikut berpartisipasi untuk mencerdaskan Indonesia dengan cara menyumbangkan bukunya sebelum pendakian.

 Latihan Fisik ESP Eka Citra UNJ

Pasca Kegiatan

                Rangkaian kegiatan Ekspedisi Sumpah Pemuda akan dikahiri dengan diadakannya Seminar “Semangat Sumpah Pemuda untuk Persatuan dan Kelestarian Alam Indonesia”. Seminar ini akan dilaksanakan pada bulan November 2016. Target tempat pelaksanaannya adalah Museum Sumpah Pemuda yang berada di Jakarta, dengan mendatangkan pembicara – pembicara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kementerian Pariwisata juga seluruh anggota tim Ekspedisi Sumpah Pemuda KMPA Eka Citra UNJ. Diharapkan seluruh masyarakat dan pemuda khususnya mahasiswa dapat termotivasi dan tergerak untuk berbuat demi Indonesia yang Bersatu dan Lestari.

Tinggalkan Balasan