Latihan Pendakian di 3 Gunung Jawa Tengah, Untuk Persiapan Ekspedisi Sumpah Pemuda di 3 Pulau Terbesar Indonesia

Pada tanggal 26 Agustus 2016 yang lalu tugas mulia yang digagas oleh tim pendaki Sumpah Pemuda memulai aktivitasnya. Pada try out pertama ini mereka harus mendaki gunung Sindoro, Sumbing, dan Prau.Tujuan dari try out 1 ini adalah Latihan Mental serta fisik, membentuk tim, dan fokus dikumentasi. Anggota yang ikut serta berjumlah 8 orang yang terdiri dari 7 orang tim pendaki ekspedisi sumpah pemuda dan satu orang untuk fokus dokumentasi.

Gunung sindoro menjadi medan pertama para tim pendaki untuk dijelajahi,target tempat untuk berkemah ada di pos 3. di Gunung sindoro para tim di terpa oleh cuaca yang kurang baik sehingga membuat para tim pendaki agak lambat menuju pos 3. Dengan pola 30 menit jalan banding 5 istirahat, akhirnya tiba pula para tim di target untuk membangun tenda.

gunung sindoro, jawa tengah
gunung sindoro, jawa tengah

Setelah bermalam dipos ketiga, perjuangan tim berlanjut ke puncak gunung Sindoro, dan  dilokasi ini lah seluruh tim diuji. Langkah demi langkah dilalui oleh seluruh tim, rasa lelah dan juga kesabaran tim sangat diuji pada medan ini. Berkat perjuangan kuat tim akhirnya mereka bisa sampai dengan selamat di dipuncak gunung Sindoro setelah melakukan perjalanan hingga 2,5 jam dari pos ketiga.

Setelah berhasil menaklukan medan sulit dan berhasil kepuncak gunung Sindoro, tim bergegas melanjutkan perjuangannya untuk mendaki gunung Sumbing. Gunung Sumbing yang letaknya tidak jauh dari Gunung Sindoro ini memiliki kontur berbatu dan vegetasi savannah.

puncak prau

30 menit banding 5 menit masih tetap digunakan sebagai metode pendakian yang membuahkan hasil 5,5 jam sampai di target untuk mendirikan tenda untuk beristirahat. Target kali ini adalah di pestan yang terletak sedikit diatas pos 3. Seperti di gunung sindoro, target keesokan harinya adalah summit puncak gunung sumbing yang berhasil dicapai oleh tim pendaki selama 4 jam dari pestan. Medan gunung sumbing ini lebih berat dari medan gunung sindoro, medan yang berbatu sering dijumpai selama menuju ke puncak gunung sumbing.

Selepas dari puncak sumbing para tim beristirahat sejenak untuk melanjutkan simulasi vertikal rescue yang dibawakan oleh nugroho (salah satu tim pendaki). Vertikal rescue adalah teknik evakuasi objek (korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya. Simulasi ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada para tim pendaki bagaimana teknis melakukan vertikal rescue.

Medan ke 3 adalah gunung prau yang terletak di dieng, wonosobo. Gunung ini menjadi finishing dari kegiatan try out 1 ekspedisi sumpah pemuda. Dari basecamp sumbing menuju basecamp patak banteng (salah satu jalur pendakian gunung prau) menghabiskan waktu selama 1 jam setengah menggunakan bis kecil. Berbeda dengan kedua gunung sebelumnya, di gunung prau para pendaki mencoba untuk treking pada malam hari.

 

 

Cukup dengan waktu 1 jam setengah tim pendaki sampai di pelawangan, target untuk mendirikan tenda. Pagi di gunung prau para tim pendaki disibukkan dengan pengambilan gambar dan dokumentasi serta selebrasi tim karena sudah berhasil mencapai medan terakhir. Setelah mengambil gambar dan dokumentasi dilanjutkan dengan packing perlengkapan dan kembali menuju basecamp patak banteng,  di patak banteng para tim pendaki beristirahat di rumah warga yang sebelumnya sudah kenal dengan salah satu dari tim pendaki.

Setelah turun dari gunung prau,maka tiba waktunya bagi para tim pendaki untuk kembali pulang ke jakarta. Keesokan paginya para tim pendaki bergegas untuk menuju terminal wonosobo untuk melanjutkan pulang ke jakarta. Dengan itu berakhirlah kegiatan try out 1 ekspedisi sumpah pemuda.juga tercapainya masing-masing tujuan dari kegiatan ini,maka kegiatan ini bisa terbilang sukses dan berhasil.

“Hasil yang besar, tidak luput dari proses yang keras. Sebab hasil tak akan pernah menghianati proses” eka citra keep our brotherhood.

Tinggalkan Balasan