TENTANG KAMI

SEJARAH

Sejarah Berdirinya KMPA Eka Citra

 

Pada Tanggal 29 April 1981 yang berawal dari keinginan organisasi-organisasi kepecinta alaman yang ada di seluruh lingkungan UNJ baik di tingkat fakultas maupun jurusan untuk menyatu dan meleburkan dirinya menjadi satu organisasi kemudian mendeklarasikan nama yang hingga kini masih berkibar yaitu Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra. KMPA Eka Citra memiliki satu Visi dan satu tujuan, dan terus mempunyai keinginan kuat untuk memberikan pembinaan terhadap mahasiswa UNJ (dahulu IKIP) dalam bidang kelestarian lingkungan dan kegiatan petualangan di alam bebas. Eka dalam bahasa sansekerta berarti tunggal atau satu dan Citra adalah tujuan atau pandangan. Jadi Eka Citra mengandung makna ”Satu Pandangan dan Satu Tujuan”.

Strategi dalam pengembangan Sumber Daya Anggota, dilakukan dengan mendesain berbagai kegiatan menggunakan metode Experiential Learning dan alam sebagai media belajar. Hal ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan kepada seluruh anggota dan para mahasiswa UNJ sebagai alternatif dan resolusi dalam proses pembelajaran maupun dalam dinamika kehidupan nyata, sejalan dengan tujuan organisasi KMPA Eka Citra itu sendiri, yaitu menghasilkan sarjana yang berpotensi dan berakhlak mulia.

Tujuan Didirikannya Organisasi

Didasarkan pada pertemuan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang mewakili masing-masing fakultas dan dihadiri oleh lembaga kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 29 April 1981.

Bertujuan membina mahasiswa yang sadar dan bertanggungjawab dalam pengabdiannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan Negara dalam rangka mencapai sarjana yang berpotensi dan berakhlak mulia.

  1. Membina mahasiswa Universitas Negeri Jakarta menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab dalam pengabdiannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan negara.
  2. Memupuk dan mengembangkan rasa kecintaan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta terhadap alam dan tanah air Indonesia yang dijiwai oleh semangat patriotrisme dan nasionalisme.
  3. Mewujudkan partisipasi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam menanggulangi masalah kelestarian alam dan budaya bangsa Indonesia.

 

Arti Logo Dan Warna Pada Lambang

KMPA EKA CITRA UNJ

Arti dari lambang KMPA Eka Citra UNJ:

  • Warna putih : melambangkan kesucian, kemakmuran, cahaya yang merupakan awal dan akhir segalanya.
  • Warna biru muda : merupakan warna langit yang melambangkan keluasan dan cita-cita.
  • Warna merah : melambangkan keberanian.
  • Warna hijau : merupakan lambang harapan, kelahiran kembali dan lambang kehidupan abadi, dan kelestarian.

 

Hymne Eka Citra

Hymne Eka Citra

Di bawah naungan alam jagad raya

Kita melangkah bersama

Memohon berkah yang Maha Kuasa

Dengan satu tujuan

Di bawah panji UN Jakarta

Kami maju bersama

Demi almamater tercinta

Amalkan bakti dan ilmu

Kami warga pecinta alam

Eka Citra UN Jakarta

Berjanji menjaga kelestarian alam

Dalam setiap derap langkah kami

Eka Citra UN Jakarta

Eka Citra jaya selamanya….

Eka Citra UN Jakarta

Eka Citra jaya selamanya….

 

Keanggotaan KMPA Eka Citra

  1. Anggota Muda

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang melalui pendidikan dasar dalam Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta yang menyetujui azas dan tujuan organisasi serta sanggup mentaati dan mendukung kebijaksanaan organisasi aktif dalam melaksanakan usaha-usaha organisasi dan belum memiliki nomor anggota.

2. Anggota Penuh

Mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Jakarta yang terdaftar dalam Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta yang menyetujui azas dan tujuan organisasi serta sanggup mentaati dan mendukung kebijaksanaan organisasi dan memiliki nomor anggota.

3. Anggota luar Biasa

Anggota penuh yang sudah tidak terdaftar sebagai Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

4. Anggota Kehormatan

Seseorang yang telah berjasa dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan organisasi yang disetujui dan sisyahkan dalam Rapat Anggota Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta. Disyahkan dalam rapat Anggota Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta.