SEJARAH

Pada tanggal 29 April 1981 yang berawal dari keinginan organisasi-organisasi kepecintaalaman yang ada di seluruh lingkungan Universitas Negeri Jakarta baik di tingkat fakultas maupun jurusan untuk menyatu dan meleburkan dirinya menjadi satu organisasi kemudian mendeklarasikan nama yang hingga kini masih berkibar yaitu Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra. KMPA Eka Citra memiliki satu visi dan satu tujuan, dan terus mempunyai keinginan kuat untuk memberikan pembinaan terhadap mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (dahulu Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dalam bidang kelestarian lingkungan dan kegiatan petualangan di alam bebas. Eka dalam bahasa sansekerta berarti tunggal atau satu dan Citra adalah tujuan atau pandangan. Jadi, Eka Citra mengandung makna “Satu Pandangan dan Satu Tujuan“.

Strategi dalam pengembangan Sumber Daya Anggota, dilakukan dengan mendesain berbagai kegiatan menggunakan metode experiential learning dan alam sebagai media belajar. Hal ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan kepada seluruh anggota dan para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta sebagai alternatif dan resolusi dalam proses pembelajaran maupun dalam dinamika kehidupan nyata, sejalan dengan tujuan organisasi KMPA Eka Citra itu sendiri, yaitu menghasilkan sarjana yang berpotensi dan berakhlak mulia.

 

KEANGGOTAAN

1. Anggota Muda

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang melalui pendidikan dasar dalam Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta yang menyetujui asas dan tujuan organisasi serta sanggup menaati dan mendukung kebijaksanaan organisasi aktif dalam melaksanakan usaha-usaha organisasi dan belum memiliki nomor anggota.

 2. Anggota Penuh

Mahasiswa dan alumni Universitas Negeri Jakarta yang terdaftar dalam Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra Universitas Negeri Jakarta yang menyetujui asas dan tujuan organisasi serta sanggup menaati dan mendukung kebijaksanaan organisasi dan memiliki nomor anggota.

 3. Anggota Luar Biasa

Anggota penuh yang sudah tidak terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.

4. Anggota Kehormatan

Seseorang yang telah berjasa dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan organisasi yang disetujui dan disahkan dalam Rapat Anggota.

 

VISI

Mewujudkan KMPA Eka Citra sebagai organisasi berjiwa kepencintaalaman tinggi dan memiliki sumber daya manusia berprestasi.

MISI

  1. Memperkuat rasa kekeluargaan sebagai seorang anggota Eka Citra
  2. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai sikap, pengetahuan dan keahlian sebagai seorang pecinta alam dengan pola pengembangan dan program pendidikan yang baik
  3. Menjalankan tata kelola organisasi dengan regulasi yang jelas dan terstruktur
  4. Menciptakan sumber dana mandiri yang berkelanjutan dan stabil
  5. Mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

PENGURUS