WORLD WET LANDS DAY 2018 : Wetlands For a Sustainable Urban future

 

Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day adalah salah satu peringatan hari lingkungan yang dirayakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Perayaannya dimaksudkan untuk mendorong instansi pemerintah, organisasi non-pemerintah, organisasi konservasi, dan kelompoklainnya untuk mengkampanyekan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai penting lahan basah.

Perayaan Hari Lahan Sedunia diperingati setiap tanggal 2 Februari sejak 1997. Peringatan ini menandai tanggal penandatanganan Konvensi Ramsar (The Convention on Wetlands of International Importance, especially as Waterfowl Habitat) pada tanggal 2 Februari 1971, di kota Ramsar, Iran. Indonesia telah telah meratifikasi konvensi ini melalui Keputusan Presiden RI No. 48 tahun 1991.

Lahan basah (wetland) dapat diartikan sebagai setiap wilayah di mana tanahnya jenuh air. Yang tergenang air yang dangkal (baik sebagian atau keseluruhannya), dengan genangan yang bersifat permanen (terus-menerus) atau musiman. Baik berupa air diam ataupun mengalir. Baik berupa air tawar, air payau, maupun air asin. Terbentuk secara alami ataupun buatan manusia.

Lahan Basah mempunyai nilai ekonomi, sosial dan lingkungan yang tidak ternilai. Jika lahan basah dapat dikelola secara lestari, akan memberikan manfaat bagi manusia termasuk generasi mendatang. Kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang nilai penting lahan basah (baik secara ekologi, ekonomi, maupun budaya) sangat penting untuk memastikan pemanfatan yang bijaksana dan berkelanjutan. Tema yang diambil dalam perayaan tahunan pada 2018 ini adalah Wetlands for a Suistanable Urban Future

 

Sumber : http://www.worldwetlandsday.org

Tinggalkan Balasan